الصفة المشبهة باسم الفاعل
الصفة المشبهة باسم الفاعل
Pengertian Sifat Musyabbahah
الصفة المشبهة باسم الفاعل هي صفة تؤخذ من الفعل اللازم، للدلالة على معنى قائم بالموصوف بها على وجه الثبوت ، لا على وجه الحدوث .
Sifat musyabbahah bismi al-fa’il adalah sifat yang terbentuk dari fi’il lazim , untuk menunjukkan makna orang yang melakukan perbuatan dari aspek tetapnya (sifat tersebut pada diri maushuf), bukan dari aspek terjadinya (perbuatan tersebut) . Contoh:
الأستاذ كريمٌ
الدرس صَعْب
Kata “ كريم “ dan “صعب “ adalah sifat yang terjadi dari fi’il lazim yaitu “ كـَرُمَ dan صَعـُبَ “. Kedua kata tersebut merupakan sifat yang melekat pada maushufnya (الأستاذ dan الدرس ).Maknanya menyerupai isim fa’il. Kedua sifat tersebut melekat pada maushufnya (الأستاذ dan الدرس ). Oleh karena itu, ia tidak memiliki masa atau zaman.
Wazan Sifat Musyabbahah
o Wazan dari Tsulasy Muajaraad
Sifat musyabbahah dari tsulasy mujarrad memiliki empat wazan secara qiyasiy, yaitu: “ أَفـْعَلُ ، فـَعْلَانُ ، فـَعْلٌ ، فـَعـِيْلٌ “.
1. أَفـْعَلُ
أفعل merupakan wazan sifat musyabbahah dari wazan fi’il “ فـَعـَلَ “ lazim, yang menunjukkan :
o “ لون “ ( warna), seperti kata-kata “أحمر “ (merah), “ أبيض “ (putih), dan “ أسود “ (hitam), dan/atau
o “ عيب “ (cacat ), seperti kata-kata “ أعرج “ ( yang pincang ) , “ أعور “ ( yang buta sebelah ), “ أعمى “ ( yang buta ), dan/atau
o “ حلية “ (perhiasan), seperti kata-kata “أكحل “ ( yang bercelak hitam ), “ أحور “ ( yang bermata jelita ) , dan “أنحل “ ( yang indah matanya ).
Bentuk mu’annas dari wazan ini adalah “ فـَعـْلاَءُ“.
2. فـَعْلَانُ
Wazan “ فـَعْلَانُ “ yang mu’annasnya “ فـَعْلىَ “ terjadi dari fi’il “ فعِلَ “ lazim, yang menunjukkan :
o “ الخـُلـُوُّ “ ( kekosongan ) seperti kata “ الغـَرْثَانُ “ ( yang lapar ), “ الصَّدْيَانُ “ ( yang sangat haus ) , dan “ العَطْشَانُ “ ( yang haus ), atau;
o “ الاِمْتِلاَءُ “ ( penuh ) seperti kata “ الشـَّبْعَانُ “ ( yang kenyang ), “ الرَيَّانُ “ ( yang puas ), dan “السَّكْرَانُ “ ( yang mabuk ), atau;
o “ حرارة الباطن غير داء “ ( Batin panas ) seperti kata “ الغَـَضْبَانُ “ ( yang marah ), “ الثـَكـْلاَنُ “ ( yang mati anaknya ), dan “ اللـَّهـْفـَانُ “ ( yang bersedih hati ).
3. “ فَعِلٌ “
Wazan “ فَعِلٌ “yang mu’annasnya “ فـَعـِلـَة , terbentuk dari fi’il “ فـَعِلَ “ yang menunjukkan :
o “ الأدواء الباطنية baik jasmani maupun rohani. Seperti kata “ وَجِعٌ “ (yang mulas), “ مَغـِصٌ ( yang mulas) تعب“ ( yang capek ), “ جَوٍّ “ ( penyakit paru-paru ), “ ضجر “ ( yang gelisah ), “ شرس “ ( yang jelek akhlaknya ), “ قلق “ ( yang cemas ), “ لحز “ ( yang bakhil ), “ مرح “ ( yang sombong ).
o يشبه الأدواء (menyerupai penyakit) seperti menunjukan “حزن “ ( sedih ) dan “اغتمام “ ( susah ). Sepertin kata-kata “ كمد ، حزن ، حرب ، شج“ ( yang luka, yang marah, yang sedih, yang sedih)
o يضادها (lawannya) seperti menunjukkan “ سرور “ (kegembiraan). Seperti kata-kata “فرح ، طرب ، رض” ( yang gembira, yang girang, yang senang) , atau menunjukan “ زين من الصفات الباطنة “ seperti kata-kata “ فطن ، ندس ، لبق ، سلس ، “ (yang luwes, yang cerdas, yang pintar, yang lembut).
" فـَعـِيْلٌ 4.
Wazan فعيل biasanya terjadi dari “ فـَعـُلَ – يَفـْعـُلُ “, seperti kata-kata “ كريم ، عظيم ، حليم ، رئيس ، جميل “ , dan lain-lain.
Komentar
Posting Komentar